Blogger Widgets TAMAMI JAYA: MENGHITUNG POIN DALAM PERMAINAN
SELAMAT DATANG Di Web tamamijaya.blogspot.com Jalan DR.Wahidin 76 Dema'an Jepara

Thursday 23 January 2014

MENGHITUNG POIN DALAM PERMAINAN



Bulutangkis

Sistem reli 3x21 poin
Sistem ini mulai diberlakukan pada bulan Mei 2006. Tidak ada perbedaan sistem perhitungan baik untuk tunggal atau ganda maupun untuk putra atau putri.
Sistem yang berlaku adalah sistem reli poin atau dengan kata lain setiap seorang pemain melakukan kesalahan, lawan langsung memperoleh poin.
Perhitungan poin permainan bulutangkis sebenarnya beberapa kali berubah hingga akhirnya sejak tahun 2006 sistem rally point resmi diberlakukan. Sistem poin reli ini lebih mudah dipahami dan tidak membingungkan. Berikut ini penjelasan detil tentang aturan perhitungan poin dengan sistem rally.
  • 1 set (game) terdiri dari 21 poin
  • Pemain yang memenangkan rally (rally berarti mulai dari sebuah service hingga cock dinyatakan mati) akan mendapatkan poin. Tidak perduli apakah pemain tersebut yang memulai service atau tidak. Berbeda dengan sistem klasik (15 poin) hanya sisi yang melakukan service saja yang dapat memperoleh poin jika berhasil memenangkan sebuah rally.
  • Jika pada set permainan, kedua belah pemain mendapat poin masing-masing 20 poin, maka pemain yang lebih dulu mendapat 2 poin berikutnya yang akan memenangkan set (game). Ini sering juga disebut dengan jus (deuce).
  • Jika deuce terus-menerus terjadi hingga masing-masing mendapat poin 29, maka pemain yang memendapatkan poin 30 lebih dulu yang akan memenangkan set tersebut sehingga scorenya adalah 30-29. Maksimal skor adalah 30.
  • Pemain yang memulai service akan terus melakukan service jika memenangkan rally. Jika rally dimenangkan oleh pemain yang menerima serivice maka selanjutnya yang memulai service akan berpindah. Dengan kata lain service dimulai oleh pemain yang memenangkan rally, baik untuk tunggal maupun ganda.
  • Jika pemain yang memulai service memenangkan rally, maka pemain yang sama akan melakukan service lagi dari arah service yang berbeda (bergantian kiri dan kanan lapangan)
  • Jika skor genap, maka service dilakukan dari sebelah kanan lapangan. Jika skor ganjil maka service dilakukan dari sebelah kiri lapangan. Hal ini berarti jika service berpindah, maka service dapat dimulai dari sebelah kiri lapangan, baik untuk tunggal maupun ganda.
Bolavoli

Penghitungan angka

Aturan permainan dari bola voli adalah :
1.      Jika pihak musuh bisa memasukkan bola ke dalam daerah kita maka kita kehilangan bola dan musuh mendapatkan nilai
2.      Servis yang kita lakukan harus bisa melewati net dan masuk ke daerah musuh. Jika tidak, maka musuh akan mendapat nilai

Permainan ditentukan dengan game/set. Regu yang memperoleh / mengumpulkan angka 25 terlebih dahulu adalah pemenang dalam game tersebut. Jika kedudukkan angka 24 – 24, maka dinyatakan jus (deuce) dan regu yang memperoleh selisih dua angka terlebih dahulu adalah pemenangnya.
·         Set ke 1,2,3,dan 4 gam berakhir pada angka 25, kecuali bila terjadi 24-24, dilanjutkan sampai salah satu regu unggul 2 angka contohnya (24-26);(25-27);dst.
·         Set ke 5 game berakhir pada angka 15 , kecuali bila terjadi 14-14, dilanjutkan sampai salah satu regu unggul 2 angka, contohnya (14-16);(15-17);dst.

Tenis Meja

Cara penghitungan poin tenis meja adalah sebagai berikut:
Permainan Tunggal
  • Setiap bola mati menghasilkan nilai 1
  • Servis berganti pemain setiap mencapai poin kelipatan 2
  • Pemegang servis bebas menempatkan bola dari segala penjuru lapangan
  • Permainan satu set berakhir apabila pemain mencapai nilai 11 dan kemenangan diraih apabila mencapai 3 atau 4 kali kemenangan
  • Apabila terjadi deuce, permaian selesai apabila selisih nilai adalah 2, misal 15-13, 18-16
Permainan Ganda
  • Setiap bola mati menghasilkan nilai satu
  • servis bergantian setiap poin kelipatan 5
  • Pemain bergantian menerima bola dari lawan
  • Pemegang servis hanya bisa menempatkan bola ke ruang kamar sebelah kanan lawan
  • Permainan satu set berakhir apabila pemain mencapai nilai 21 dan kemenangan di raih apabila mencapai 3 atau 4 kali kemenangan set
  • Apabila terjadi Deuce, permainan di katakan selesai apabila selisih nilai adalah 2, misal 24-26, 22-24
Tenis Lapangan

Skor
Penghitungan skor tenis lapangan sangat unik, berbeda dengan penghitungan skor olahraga jenis apapun. Saat kita mencetak poin, kita tidak langsung mendapat 1 game. Inilah yang membedakan penghitungan skor tenis dengan olahraga lainnya. Untuk mendapat 1 game, kita harus mencetak beberapa poin terlebih dahulu. Ini disebut poin kecil.
Poin kecil dimulai dari 0-0. Jika kita mencetak poin, lalu skor kecil menjadi 15-0. Bila kita mencetak poin lagi, skor menjadi 30-0. Dan bila kita mendapat poin lagi, skor menjadi 40-0 (ya, benar 40, ini bukan kelipatan 15 kok). Dan bila kita mencetak poin lagi, akan terjadi game 1-0. Dan setelah itu akan dimulai game selanjutnya.

Bila skor kecil 40-40, maka dilakukan deuce. Jika server mendapat poin, wasit akan berteriak “advantage for server”, atau dalam permainan sehari-hari kita menyebutnya ‘one in’. Bila server mendapat poin lagi, baru terjadi terjadi game. Bila reserver yang mendapat poin, maka akan deuce kembali. Begitu seterusnya. 
Sebaliknya, jika reserver mendapat poin saat kedudukan 40-40, wasit akan berteriak “advantage for reserver”, atau dalam permainan sehari-hari kita menyebutnya ‘one out’. Bila reserver mendapat poin lagi, maka terjadi game.
Satu set permainan, pemain harus memenangi 6 game. Jadi, pemain dianggap menang jika mendapat game minimal 6-0. Bila skor 5-5, set diakhiri bila ada pemain mencapai game 7. Bila skor 6-6, dilakukan sistem poin kecil tie-break. Berbeda dengan sebelumnya, tie-break menggunakan skor kecil 0, 1, 2, 3, 4, 5, 6, dan 7. Jika skor kecil 6-6, maka dilakukan deuce sampai tak hingga (tidak ada batas).
Satu pemain melakukan service pada setiap poin kecil pada satu game. Bila terjadi game, giliran lawan melakukan service pada satu game. Terus begitu bergantian. Secara umum, berdasarkan peraturan tenis internasional, pemain akan menang bila memenangkan 2 set permainan. 
Untuk memenangkan satu set, Anda harus memenangkan 6 game dengan selisih 2 (kecuali menggunakan peraturan tie-break). Jadi Anda dapat memenangkan pertandingan dengan skor 6-4, 6-3, 6-2, 6-1, 6-0 tetapi tidak 6-5. Jika skor mencapai 6-5, game tambahan akan dimainkan hingga salah satu pemain unggul 2 game, jadi skornya menjadi 7-5, 8-6, 10-8.
Sistem tie-break digunakan untuk mencegah jumlah set yang terlalu banyak. Umumnya digunakan sistem 12 poin, jika game mencapai 6-6. Pemain pertama harus meraih 7 poin dengan selisih 2 poin dengan lawan untuk memenangkan set. Dan berakhir dengan skor 7-6.
Umumnya pertandingan internasional memainkan 3 set, walau terkadang tunggal/ganda putra memainkan 5 set.
Dalam permainan 3 set, pemain atau tim yang meraih 2 set terlebih dahulu menjadi pemenang.

Sepak Takraw

Penghitungan angka

Aturan permainan dari sepak takraw adalah :
1.      Jika pihak musuh bisa memasukkan bola ke dalam daerah kita maka kita kehilangan bola dan musuh mendapatkan nilai
2.      Servis yang kita lakukan harus bisa melewati net dan masuk ke daerah musuh. Jika tidak, maka musuh akan mendapat nilai, atau yang melakukan sepak mula terjadi kesalahan otomatis akan peroleh angka sekaligus melakukan sepak mula lagi
  1. Servis berganti pemain setiap mencapai poin kelipatan 3
Pemenang ditentukan saat memperoleh 21 poin. Jika berakhir imbang 20-20, akan ada tambahan waktu sampai tim mencapai 25 poin. Dimainkan dua babak dengan waktu istirahat 2 menit.
Jika dari dua babak diperoleh hasil seri, pertandingan diteruskan sampai set ke-3 yang disebut tie break dengan 15 poin. Jika hasilnya 14-14, pertandingan dilanjutkan sampai ada tim yang mencapai skor 17.

5 comments:

Unknown said...

Terima kasih pak mad smoga manfaat barokah

Unknown said...

Deuce/Jus dalam permainan Bola Voli adalah apabila kedua pemain mendapatkan nilai yang sama misalnya, 24 - 24, maka akan dilakukan Deuce, dengan syarat salah satu pemain harus unggul 2 poin. Poin 24 - 24 atau 25 - 25 maupun 26 - 26, itu masih wajar bila dilakukan Deuce, bagaimana kalau Deuce melebihi angka yang sewajarnya..?? Tidak mungkin mutlak 'kan..?? Bukan hal mustahil kalau tidak ada batas maksimal poin, itu bisa saja terjadi loh. Mohon penjelasannya!!

ACHMAD CHUSAIRI said...

Dalam permainan tetap dibutuhkan waktu maksimal maupun poin maksimal, seperti dalam sepakbola ada perpanjangan waktu 2x15 sampai adu penalti.
Dalam sepak takraw deuce sampai selisih dua tetap ada batas maksimal yaitu 25.
Dalam permainan lainnya tetap dibutuhkan poin maksimal, dan itu bisa berubah terus karena perkembangan ataupun perubahan poin dari masing-masing cabang olahraga.
Maaf kalau blog ini kurang update karena terbentur waktu, dan kami menulis ini untuk kepuasan batin dalam mengisi waktu luang kalau sempat.
Terimakasih atas koreksinya
Salam Olahraga

Inria Krixena said...

Terimakasih kak

Anonymous said...

Terimakasih atas penjelasannya, sangat membantu!!:)