Blogger Widgets TAMAMI JAYA: Arti dari angka pada Nomer Induk Pegawai (NIP)
SELAMAT DATANG Di Web tamamijaya.blogspot.com Jalan DR.Wahidin 76 Dema'an Jepara

Tuesday 4 February 2014

Arti dari angka pada Nomer Induk Pegawai (NIP)



Halo para Pegawai Negeri Sipil (PNS) barangkali ada yang lupa atau belum mengerti apa sih arti NIP yang selalu ada di bawah nama anda di surat resmi. Ini saya luncurkan lagi sekilas pandang tentang NIP, apakah para pembaca sudah tahu apa itu NIP? NIP adalah singkatan dari Nomer Induk/Identitas Pegawai. Nah kalau anda adalah seorang Pegawai Negeri Sipil atau saudara anda ada yang bekerja sebagai Pegawai Negeri Sipil /PNS paling tidak anda mengetahui identitas dari NIP yang ada. Sebagai contoh ada teman saya yang memberikan reverensi NIP karena kini dia telah menjadi PNS, yaitu Triyono seorang guru di SD Negeri Kedung Jepara.
Ok kita bahas tentang NIP saudara Triyono ini.
NIP nya. 19720124 200003 1 004
Baik kita bahas satu persatu dari angka warna Hitam. 19720124 ini adalah tanggal lahir yang punya NIP. 
Biasanya urut-urutanya tahun kelahiran/bulan kelahiran/tanggal kelahiran
Untuk no dengan warna Merah 200003 ini adalah tahun dia diangkat menjadi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) seperti tahun di atas, dia diangkat pada bulan Maret tahun 2000. Formatnya adalah tahun pengangkatan pegawai,bulan pengangkatan.
Untuk angka warna Biru itu adalah jenis kelamin. Jika laki-laki biasanya dituliskan angka 1, dan perempuan biasanya angka 2
Untuk angka Hijau yang dituliskan angka 004 ini adalah nama yang sama saat pengangkatan di daerah tersebut. Kita melihat dari jumlah nama yang sama di tahun dan bulan pengangkatan. Jika namanya  ada 4 biasanya 004, jika ada nama yang hampir serupa biasanya di urutkan sesuai dengan Alfabet.

3 comments:

Anonymous said...

Ass bu, saya boleh mntk kontek ibu sekedar mau tnya saja bu. Tks

Kisah sukses said...

Penipuan.......awas hati hati

Unknown said...

Pengajuan berkala/KGB hrus menunggu kenaikan TK?