Blogger Widgets TAMAMI JAYA: MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMBELAJARAN SERVIS BAWAH PERMAINAN BOLA VOLI MENGGUNAKAN BOLA KARET PADA SISWA KELAS V SD NEGERI 2 SUKOSONO TAHUN 2011 / 2012
SELAMAT DATANG Di Web tamamijaya.blogspot.com Jalan DR.Wahidin 76 Dema'an Jepara

Friday 28 December 2012

MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMBELAJARAN SERVIS BAWAH PERMAINAN BOLA VOLI MENGGUNAKAN BOLA KARET PADA SISWA KELAS V SD NEGERI 2 SUKOSONO TAHUN 2011 / 2012


Abstrak
Achmad Chusairi

Proses pembelajaran Pendidikan Jasmani dan Kesehatan di kelas V SD Negeri 2 Sukosono Kecamatan Kedung Kabupaten Jepara selama ini siswa cenderung pasif, jenuh, dan kurang mempunyai inisiatif dalam menerima pelajaran, siswa tidak berani bertanya kepada guru, siswa tidak berani mengemukan pendapatnya dan siswa kurang mampu merspon pelajaran yang disampaikan guru.
Sebagai bahan guna mengatasi masalah di atas adalah dengan melakukan pendekatan pembelajaran  servis bawah permainan bola voli menggunakan bola plastik berlapis busa bagi kelas V SD Negeri 2 Sukosono. Diharapkan dengan penerapan pendekatan ini hasil belajar siswa dapat meningkat dan mencapai kriteria ketuntasan minimum (KKM). Dengan demikian siswa dapat mencapai ketuntasan belajar minimum klasikal. Selain itu peneliti juga berharap setelah menerapkan pendekatan pembelajaran servis bawah permainan bola voli menggunakan bola plastic berlapis busa  bagi kelas V ini dapat meningkatkan kualitas pembelajaran.
Penelitian ini dilaksanakan selama tiga bulan yaitu sejak bulan April sampai bulan Juni 2012. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri 2 Sukosono  semester genap tahun pelajaran 2011/2012, yang terdiri dari 25 siswa dengan rincian 13 siswa putra dan 12 siswa putri.
            Hasil penelitian pada Siklus I diperoleh data hasil belajar atau ketuntasan belajar minimum siswa 44 % atau 11 siswa , meningkat pada Siklus II menjadi 92% atau 23 siswa, hasil pengamatan aspek Psikomotor pada siklus I sebesar 65,75 %, meningkat pada siklus II menjadi 74,00 %,  hasil pengamatan aspek Kognitif pada Siklus I sebesar 63 % meningkat pada Siklus II menjadi 76,75 %, hasil pengamatan aspek Afektif pada Siklus I sebesar 66,50 %, meningkat pada Siklus II menjadi 79,50 %. Nilai rata-rata siklus I 64,80 meningkat menjadi 76,20 pada siklus II, nilai tertinggi pada siklus I 85 meningkat menjadi 90 pada siklus II, sedangkan nilai terendah pada siklus I 45 berubah menjadi 60 pada siklus II.
Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pendekatan pembelajaran permainan bola voli melalaui servis bawah permainan bola voli menggunakan bola plastik berlapis busa ini dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Siswa hendaknya lebih aktif berinisiatif dalam melaksanakan kegiatan belajar ini dan diharapkan menjadi lebih baik.

Kata kunci : permainan bola voli, servis bawah, bola plastic berlapis busa.

Abstraction
Achmad Chusairi

Process the study of Physical Education and Health in class of V SD Country 2 Sukosono of District of Kedung of Sub-Province Jepara during the time student tend to passive, saturated, and less having of initiative in accepting Iesson, student  not dare to enquire to teacher, student not its opinion emu dare to and student of indigent of merspon Iesson by teacher.
Upon which utilize to overcome the problem above is by study approach service under netball game use the laminated plastic ball foam to class of V SD Country 2 Sukosono. Expected with the this approach applying result of learning student can mount and reach the complete criterion of minimum ( KKM). Thereby student can reach complete learn the minimum klasikal. Besides researcher also hope after applying study approach service under netball game use the laminated ball plastic foam to this class V can improve the quality of study
This research is executed during three months that is since April month;moon until June month;moon 2012. this Subyek Research is student of class of V SD Country 2 even Sukosono semester even school year 2011 / 2012, consisted of by 25 student with the detail 13 student man and 12 student women.
Result of research of  Cycle I obtained by data result of learning or complete learn the student minimum 44 % or 11 student , mounting at Cycle II become 92% or 23 student, result of perception of aspect Psikomotor at cycle I equal to 65,75 %, mounting at cycle II become 74,00 %, Cognate aspect perception result at Cycle I equal to 63 % mounting at Cycle II become 76,75 %, result of perception of aspect Afektif at]Cycle I equal to 66,50 %, mounting at Cycle II become 79,50 %. average value of Cycle I 64,80 mounting to become 76,20 at cycle II, highest value at cycle I 85 mounting to become 90 at cycle II, while value terendah [of] [at] cycle I 45 turning into 60 at cycle II.
Pursuant to inferential research result that approach of study of game of netball melalaui service under netball game use the laminated plastic ball foam is can improve the result learn the student. Student shall be more be active  have initiative  in executing activity learn this and expected to become better.

Keyword : netball game, service under, laminated ball plastic of spume

PENDAHULUAN
Penjasorkes  merupakan proses pendidikan yang memanfaatkan aktivitas jasmani dan direncanakan secara sistematik bertujuan untuk meningkatkan individu secara organik, neuromuskular, perseptual, kognitif, sosial dan emosional.
Permainan bola voli sudah lama dikenal di negara kita bahkan bisa dikatakan sudah popular sejak lama. Bola voli dapat dimainkan oleh anak-anak sampai orang dewasa baik pria maupun wanita. Permainan bola voli dapat dipakai sebagai sarana untuk pembentukan individu secara harmonis antara perkembangan jasmani dan rohani. Prestasi pemain bola voli akan baik bila jasmani dan rohani saling kait-mengkait didalam gerakan gerakan bermain, jiwa sebagai pendorong utama untuk menggerakan kemampuan raga yang telah dimiliki.
Dari pembelajaran pada SD Negeri 2 Sukosono diperoleh kenyataan  bahwa secara umum siswa belum mampu   melakukan servis bawah melewati net dalam permainan bola voli dengan menggunakan bola mini standar. Ada berbagai kemungkinan penyebab terjadinya ketidak mampuan siswa dalam melakukan servis bawah  mengunakan bola voli mini tersebut. Mungkin karena bola terlalu berat atau barangkali siswa takut merasakan sakit dalam melakukannya. Kemungkinan sarana prasarana dan metode pembelajaran belum sesuai. Untuk itu sarana prasarana dan metode pembelajaran merupakan salah satu bagian yang strategis dalam pencapaian tujuan pembelajaran.
Melihat permasalahan di atas, maka satu pemikiran yang muncul adalah bahwa perlu adanya sebuah metode yang tepat yaitu untuk mengganti bola voli yang standart dengan bola karet. metode yang tepat yaitu tersebut bisa mewakili karakteristik bola standart dan  mudah dilakukan siswa serta menyenangkan.
Berdasarkan dari hal itu penulis tertarik untuk mengadakan penelitian  tentang peningkatan kemampuan pembelajaran servis bawah  permainan  bola voli menggunakan bola karet pada siswa kelas V SD N 2 Sukosono, di karenakan  hal ini sangat penting dicari  pemecahan masalahnya.
Rumuskan masalah  pada penelitian ini adalah apakah dengan menggunakan bola karet dapat meningkatkan  kemampuan pembelajaran servis bawah dalam permainan bola voli pada siswa kelas V SDN 2 Sukosono?
Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan pembelajaran servis bawah dalam permainan bola voli menggunakan bola karet siswa kelas V SDN  2 Sukosono.
Adapun manfaat yang dapat diperoleh dalam peningkatan hasil belajar permainan bola voli melalui servis bawah menggunakan bola karet bagi kelas V SD Negeri 2 Sukosono adalah : bagi siswa dapat mengetahui betapa pentingnya permainan bola voli serta siswa dapat melakukan tehnik bermain dalam permainan bola voli. Bagi guru adalah sebagai bahan masukan dan menambah ilmu pengetahuan. Sehingga diharapkan KBM yang diselenggaran menjadi lebih menarik,inovatif, menyenangkan dan memperoleh pengalaman baru dengan menggunakan model-model pembelajaran yang inovatif dan kreaif. Bagi sekolah diharapkan dapat dipergunakan untuk referensi penelitian selanjutnya yang berhubungan dengan hal yang sama. Serta dapat dipergunakan sebagai media alternatif bagi guru di sekolah lain dalam mengajarkan materi gerak dasar dan minat siswa dalam pelajaran bola voli yang lebih menyenangkan bagi siswa.
            Sumber pemecahan masalah pada penelitian ini adalah tes hasil perbuatan dan pengamatan siswa kelas V SD Negeri 2 Sukosono dalam Peningkatan Hasil belajar Bola Voli melalui servis bawah menggunakan bola karet. Serta mengolah data untuk kemudian di diskripsikan dalam bentuk prosentase.

METODE PENETILAN
Penelitian ini merupakan jenis penelitian tindakan kelas ( PTK ) yang merupakan salah satu jenis penelitian yang sedang popular dikalangan pendidik (guru) yang dilaksanakan pada kelas V SD Negeri 2 Sukosono Kecamatan Kedung Kabupaten Jepara.
Penelitian ini di laksanakan selama tiga bulan yaitu mulai bulan April sampai bulan Juni yang terdiri dari dua dua tahap pada tahap I atau tindakan pertama ( Siklus I ) dilaksanakan pada hari Sabtu tanggal 18 Mei 2012 dan Tahap atau tindakan kedua ( Siklus II ) pada hari Selasa tanggal  8 Juni 2012.
Subyek penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri 2 Sukosono semester genap tahun pelajaran 2011/2012. Terdiri dari 25 siswa dengan rincian 13 siswa putra dan 12 siswa putri.
Tehnik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan langkah - langkah atau metode sebagai berikut : Metode Observasi yaitu penulis melihat secara langsung tentang keadaan atau kondisi siswa kelas V SD Negeri 2 Sukosono, Metode Wawancara yaitu Peneliti menggali informasi dengan berkomunikasi lansung dengan siswa kelas V SD Negeri 2 Sukosono. tentang kebiasaan siswa melakukan servis bawah pada permainan bola voli, Metode Evaluasi atau Tes yaitu pengumpulan dengan berbagai cara evaluasi agar peneliti mengetahui sejauh mana kemampuan siswa dalam menguasai tehnik permainan bola voli yang disesuaikan fakta yang ada dilapangan, Metode Dokumentasi yaitu pengumpulan data dimana peneliti menyelididki benda-benda tertulis, seperti buku-buku, majalah, dokumen, peraturan-peraturan, notulen rapat, catatan harian dan sebagainya. Dokumentasi digunakan sebagai bukti otentik pelaksanaan tindakan kelas ( penelitian ) berupa data siswa dalam penelitian tindakan kelas dan dokumen peristiwa proses penelitian tindakan kelas berupa foto atau video.
Instrumen penelitian yang digunakan adalah berupa jawaban indikator pertanyaan  yang terdiri dari tiga aspek ( kognitif, psikomotor dan afektif ) yang diberikan kepada siswa sebagai tolok ukur keberhasilan pembelajaran. Adapun jumlah pertanyaan setiap aspek terdiri dari empat butir pernyaan dengan cara siswa menjawab pertanyaan adalah sesuai dengan kriteria pensekoran setiap aspek sedangkan nilai tertinggi setiap soal adalah 4.
Dalam penelitiain ini yang dilakukan menggunakan analisis data kualitatif dan analisis data kuantitatif. Analisis data kualitatif dilakukan untuk mengetahui minat siswa terhadap model pembelajaran yang diterapkan oleh peneliti yang dihasilkan melalui kuisioner. Analisis data secara kuantitatif dilakukan untuk mengetahui prestasi siswa yang dihasilkan dengan model pembelajaran yang disajikan peneliti. Data dalam penelitian ini terdiri dari data pada siklus I dan data pada siklus II.
Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian tindakan kelas ini adalah menggunakan teknik analisis deskriptif berbentuk persentase. Sedangkan data yang berupa saran dan alasan memiilih jawaban dianalisis menggunakan teknik analisis kualitatif.

HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN

A.      Sikuls I
Pada pelaksanaan penelitian Siklus I diperoleh temuan pada siswa yaitu motivasi dan minat siswa dalam proses pembelajaran masih belum kelihatan baik. Kelemahan utama dari pembelajaran Siklus I siswa masih kurang benar dan kurang berani dalam mengajukan pertanyaan kepada guru, masih lemah dalam melakukan tehnik dasar bola voli yang dicontohkan guru, kurang berani dalam melakukan servis bawah. Sehingga masih banyak yang hasil prestasi belajarnya rendah. Hal ini dibuktikan dengan perolehan dengan nilai rata-rata 64,80, nilai tertinggi 85, nilai terendah 45 serta yang mencapai ketuntasan belajar minimum (KKM) 11 siswa atau dengan prosentase baru mencapai 44 %.



B. Sikuls II
Selanjutnya dari pelaksanaan sikuls I peneliti melaksanakan pembelajaran permainan bola voli melalui servis bawah menggunakan bola karet pada sikuls II. Kelemahan-kelemahan yang ada pada sikuls I sudah dapat diperbaiki dan aktivitas dan hasil belajar siswa meningkat. Sehingga pada siklus II dapat diperoleh data  sebagai berikut nilai rata-rata 76,70, nilai tertinggi 90, nilai terendah 60 dengan ketuntasan minimum 23 siswa dengan prosentase 92 %.



C. Pembahasan        
Setelah diadakan penelitian selama dua Siklus, pendekatan permainan bola voli melalui servis bawah menggunakan bola karet pada siswa kelas VI SD Negeri 2 Sukosono Kecamatan Kedung Kabupaten Jepara tahun pelajaran 2011/2012 diperoleh data sebagai berikut nilaia rata-rata pada siklus I 64,80 meningkat menjadi 76,20 pada siklus II, nilai tertinggi pada siklus I 85 meningkat menjadi 90 pada siklus II, nilai terendah pada siklus I 45 berubah menjadi 60, serta siswa yang mencapai ketuntasan minimum ( KKM ) pada siklus I hanya 11 siswa meningkat menjadi 23 siswa pada siklus II. Sehingga kalau diprosentase ketuntasan minimum pada siklus I sebesar 44 % meningkat menjadi 92 % pada siklus II. Artinya kegiatan belajar mengajar dengan pendekatan permainan bola voli melalui servis bawah menggunakan bola karet pada siswa kelas V SD Negeri 2 Sukosono Kecamatan Kedung Kabupaten Jepara tahun pelajaran 2011/2012 dapat dikatan berhasil dengan baik.

SIMPULAN DAN SARAN
Simpulan
Berdsarkan hasil analisis data dan pembahasan siklus I dan siklus II yang telah dilaksankan peneliti maka simpulan penelitian ini adalah sebagai berikut “ kualitas pembelajaran permainan bola voli melalui servis bawah menggunakan bola karet, dapat ditingkatkan melalui pendekatan pembelajaran permainan bola voli ini pada siswa kelas V SD Negeri 2 Sukosono Kecamatan Kedung Kabupaten Jepara “. Hal ini dapat dibuktikan dengan peningkatan aktifitas siswa dan hasil belajar siswa. kelas V SD Negeri 2 Sukosono  Kecamatan Kedung Kabupaten Jepara tahun pelajaran 2011/2012 semester genap.
Saran
Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilaksanakan maka saran yang diajukan adalah sebagai berikut :
a. Bagi para pendidik ( Guru ) yang sedang mengalami permasalahan dalam pembelajaran seperti peneliti alami, penilitian ini dapat diterapakan pada strategi pembelajaran permainan bola voli melalui servis bawah menggunakan bola karet.  Untuk itu agar guru  mempertimbangkan lebih jauh sebelum menggunakan metode ini. Diharapkan ketrampilan guru juga dapat meningkat.
b. Jika menggunakan metode pembelajaran permainan bola voli melalui servis bawah menggunakan bola karet, guru perlu memberikan tugas yang jelas dan agar tidak membingungkan siswa, sehingga prestasi belajar siswa dapat meningkat secara nyata.
c. Melibatkan partisipasi aktif siswa dalam proses pembelajaran menggunakan metode pembelajaran permainan bola voli melalui servis bawah menggunakan bola karet bagi siswa kelas V agar dapat meningkatkan aktifitas siswa.
d. Untuk lebih menguji kebenaran dari penelitian ini diperlukan penelitian lebih lanjut. Selain itu semoga laporan penelitian ini dapat bermanfaat sebagai referensi dan acuan apabila di antara para guru sedang mengalami permasalahan pembelajaran yang sama seperti yang peneliti hadapi.


DAFTAR PUSTAKA
Bainil. 2003/2004. Hubungan kekuatan otot Lengan dengan Kemampuan Passing dalam Permainan Bola Voli. Skripsi (tidak dipublikasikan)

DEPDIKNAS. 2003 : Pedoman Pembinaan dan Pengembangan Olahraga Usia Dini. Dirjen Pendidikan Dasar dan Menengah. Direktorat Pendidikan Taman Kanak-kanak SD Jakarta 

Sukintaka. dkk. 1979. Permainan Dan Metodik. Bandung : Remadja Karya
Kuswajaya Wihardi .2006. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta : Universitas Terbuka

Rochiati Wiriatmaja.2005. Metode Penelitian Tindakan Kelas . Bandung : PT.Remaja Rosdakarya.

Sarayin.1998.Penuntun Pelajaran Orkes Kelas I SMA. Ganeca Excac. Bandung.
Suharsimi Arikunto. 2007. Prosedur Penelitian. Jakarta : Rineka Cipta
Sukirman, dkk. 2004. Matematika. Jakarta : Universitas Terbuka
Viera,Barbaral dan Fengason Bonnic Jill.1996.Volley Ball. University of Delawk .