Blogger Widgets TAMAMI JAYA: ISTILAH OLAHRAGA (R)
SELAMAT DATANG Di Web tamamijaya.blogspot.com Jalan DR.Wahidin 76 Dema'an Jepara

Friday 3 October 2014

ISTILAH OLAHRAGA (R)


Rabbit Punch
Salah satu pukulan yang sangat terlarang dan sangat berbahaya bagi lawan dalam bertinju Rabbit punch dilancarkan dari arah atas ke arah bawah, terutama saat lawan sedang dalam posisi merunduk. Sengaja atau tidak, pukulan ini dilarang karena mengincar ubun-ubun  yang sangat berbahaya dan dapat mematikan.
Rabona
Atau Laboona : teknik dalam menendang bola dimana kaki yang dipakai untuk menendang bola disilangkan di belakang kaki tumpuan
Rally
Sebuah urutan satu atau lebih stroke dimulai dengan layanan ini, sampai permainan berhenti dan menghasilkan point (Bulutangkis)
Raket
Pemukul yang digunakan dalam bulutangkis
Rebound
Suatu istilah dalam permainan bola basket dimana seorang pemain menangkap atau mendapatkan bola pantul yang tidak berhasil masuk yang ditembakkan oleh pemain lain (bola basket).
Receiving side
Sisi yang berlawanan sisi melayani servis
Recovery
Waktu yang digunakan untuk pemulihan tenaga kembali antara satu elemen beban pelatihan berikutnya
Referee Stop Contest
Ini adalah situasi dimana seorang wasit harus menghentikan pertandingan karena dianggap tidak seimbang. Istilah ini hanya dikenal dalam tinju amatir sementara dalam kasus yang sama dalam tinju professional menggunakan istilah TKO.
Remis
Keadaan dalam permainan catur di mana kedua belah pihak masih bisa menjalankan bidak masing-masing - tetapi tidak berhasil mengalahkan bidak raja lawan. Keadaan ini bisa terjadi bila pihak yang terjepit berhasil membuat strategi pertahanan yang memungkinkan langkah permanen bertahan yang menghindari kemungkinan kekalahan. Dalam keadaan seperti ini secara teknis permainan akan dinyatakan berakhir seri atau remis.
Repetisi
Ulangan gerak beberapa kali atlet dalam melakukan setiap kali giliran.
Respirasi
Sebuah reaksi biologis yang menghasilkan tenaga siap pakai untuk sel tubuh, yaitu dalam bentuk molekul ATP, dan terjadi di bagian sel bernama mitokondria.
Respirasi aerobik
Respirasi yang memanfaatkan zat gas, yaitu oksigen untuk menghasilkan tenaga tersebut
Respirasi anaerobik
Respirasi yang tidak melalui pembakaran dengan zat gas, melainkan melalui proses fermentasi. Respirasi ini terjadi jika sel dipaksa untuk terus bekerja sementara pasokan oksigen kurang
Ring
Tempat pertandingan tinju didirikan di atas panggung (setinggi ± 1,5 m). Pada tinju era modern ini, ring berbentuk segi empat sama sisi, dan dibatasi oleh tali berjumlah empat pada setiap sisi. Di dalam ring ada empat sudut. Sudut berwarna merah dan biru untuk kubu para petinju, sedang sudut berwarna putih (atau sudut netral) untuk wasit atau dokter ring yang bertugas atau beristirahat pada masa jeda.
Disebut ring (dari bahasa Inggris yang artinya "cincin") karena pada awal mula tinju, penonton berdiri melingkari arena pertandingan (membentuk lingkaran), dan saat diadakan penggerebegan (karena waktu itu tinju dianggap ilegal), para atlet (petinju) akan berbaur dengan penonton yang membubarkan diri untuk melepaskan diri dari tangkapan petugas.
Rokade
Pertukaran tempat antara benteng dan raja dalam permainan catur
Ronde
Pembagian waktu untuk sebuah pertandingan dalam olahraga tinju. Dalam tinju profesional setiap ronde terdiri dari 3 menit dan 1 menit istirahat. Sementara dalam tinju amatir, bisa 3 menit bertanding dan istirahat 1 menit atau 2 menit bertanding dan 30 detik istirahat. Jumlah ronde dalam tinju professional terdiri dari 6, 8, 10 dan 12 sementara dalam tinju amatir bervariasi dari 3, 4 dan 6 ronde.
Roulette
Artinya berputar. Teknik mendribling bola dengan memutar badan sambil bergerak di atas bola.
Rubber Set
Keadaan ketika skor set masing- masing seri, maka dilakukan set ke 3 sebagai penentuan set (Bulutangkis) 

1 comment:

Dhaiidha said...

Terimakasih informasinya . .