Blogger Widgets TAMAMI JAYA: “ Sang juara harus diciptakan “
SELAMAT DATANG Di Web tamamijaya.blogspot.com Jalan DR.Wahidin 76 Dema'an Jepara

Saturday 20 April 2013

“ Sang juara harus diciptakan “




Indonesia tidak mungkin menemukan Crist John menjadi juara tinju dunia, Rudi Hartono menjadi juara All England 8 kali, M.Sarengat yang sempat menjadi kijangnya Asia, atau Ade Rai yang menjadi Mr.Muscle Man.Bagaimana mereka muncul? Apa dengan sendirinya tiba-tiba muncul tanpa melalui proses? Tentu saja ia banyak berlatih, baik persiapan psikis, fisik, teknik, dan taktik. Bahkan, bagi mereka masa berlatihnya jauh lebih banyak dibandingkan dengan masa bertanding maupun berlomba. Rata-rata mereka hanya berkompetisi satu sampai dua kali dalam setahun, itu pun dilakukan hanya beberapa menit saja. Bayangkan, mereka berlatih berbulan-bulan hanya untuk pertandingan beberapa menit saja. Justru, masa berlatih itulah yang lebih berat baginya. Jadi tidak mungkin seorang juara cukup dilahirkan saja tanpa melalui proses yang sangat panjang. Dengan kata lain :
·         Seorang Crist John menjadi juara dunia dengan diciptakan melalui tahapan-tahapan dari proses latihan fisik, teknik, taktik bersparing dengan lawan, bertanding di tingkat lokal sampai ke tingkat dunia.
·         Seorang Rudi Hartono tidak serta merta menjadi juara All England tetapi diciptakan melalui tahapan-tahapan dari tingkat bawah sampai berkompetisi di tingkat dunia.
·         M.Sarengat tidak hanya bermodalkan penampang otot cepatnya saja, tetapi melalui proses latihan yang terus menerus dan berlomba secara rutin untuk menjadi kijangnya Asia.
·         Seorang Ade Rai tidak mungkin punya penampang otot yang besar kalau tidak dilatih dengan keras dan berkompetisi dengan baik. 
Jadi pada hakikatnya seorang seorang juara memang harus diciptakan, ibarat mutiara biarpun namanya mutiara kalau tidak ditemukan dan diasah maupun digosok tidak bakalan mengkilap.

No comments: