Blogger Widgets TAMAMI JAYA: KARTANU JEPARA
SELAMAT DATANG Di Web tamamijaya.blogspot.com Jalan DR.Wahidin 76 Dema'an Jepara

Sunday 23 October 2011

KARTANU JEPARA



Mengapa setiap ada hajat besar yang melibatkan kaum Nahdliyin selalu ada suatu program yang entah itu berguna secara person khususnya bagi nahdliyin di daerah-daerah terpencil. Dulu sempat digembar-gemborkan pencetakan Kartanu saat orang nomor satu di Nahdlatul Ulama (KH.Hazim Muzadi) maju di Pemilu Presiden digandeng Megawati. Kini di Jepara akan ada gawe besar… Pilkada Bupati Jepara 2012. Mudah-mudahan itu tidak ada hubungannya dengan kegiatan tersebut yang kami dengar dari pengurus PCNU ada yang maju sebagai Bakal calon ……
Program Kartanu memang bertujuan untuk kebutuhan tertib administrasi, data base, memberikan informasi jumlah warga NU, mencegah penyusupan teroris dan aliran sesat, mempererat persaudaraan antar warga NU serta menjalankan keputusan muktamar NU ke 32 tahun 2010
Ketua Umum PBNU KH Said Aqil Siradj berharap dengan pembuatan Kartanu ini, administrasi keanggotaan warga NU semakin baik dan dapat meningkatkan ukhuwah sesame warga NU dan selanjutnya dapat meningkatkan kesejahteraan, baik lahir maupun batin.
Selain itu, dari PBNU mereka yang resmi menjadi anggota NU secara otomatis akan mendapatkan santunan kecelakaan berupa biaya pengobatan maksimal 500.000 per tahun dan biaya kecacatan permanent maksimal 5 juta rupiah. Benar atau tidak kebenarannya semoga pengurus di pusat sampai ke bawah dapat menjelaskan kepada nahdliyin dengan transparan.
Dari PCNU Pasuruan sudah diluncurkan KARTANU Plus. Peluncuran KARTANU Plus ini merupakan realisasi dari Program Pendampingan Agribisnis (PPA) PCNU yang telah dilaunching dua bulan sebelumnya. Selain sebagai ID-Card (mirip ATM) bagi anggota NU, KARTANU Plus sekaligus berfungsi sebagai penggalangan infaq warga NU yang akan digunakan sebagai Dana Penjamin Usaha bagi kelompok tani/UMKM binaan NU. Besar infaq per kartu hanya Rp 50.000. Dana yang terkumpul akan menjadi Dana Abadi di rekening BRI karena tidak akan pernah dicairkan untuk keperluan apapun, selain sebagai jaminan usaha. Pengajuan penggunaan jaminan Dana Abadi, menggunakan mekanisme yang disusun bersama oleh PCNU dan BRI Cabang Pasuruan. Hingga saat ini sudah ada 8 kelompok tani/UMKM binaan yang mengakses program ini.
Semoga PCNU Kabupaten Jepara dapat memberdayakan program KARTANU ini, baik itu yang ada hubungannya dengan organisasi maupun anggota NU itu sendiri. Karena pencetakan KARTANU hanya Rp 7500. Dan mudah-mudahan bermanfaat bagi pemegang kartu ini.

1 comment:

dedeh riska said...

makasih buat nambah-nambah pengetahuan aja