Blogger Widgets TAMAMI JAYA: PSSI Djohar Arifin
SELAMAT DATANG Di Web tamamijaya.blogspot.com Jalan DR.Wahidin 76 Dema'an Jepara

Tuesday 11 October 2011

PSSI Djohar Arifin

Awal perjalanan keikutsertaan klub di liga Indonesia 2011

Berikut 34 klub yg lolos verifikasi tahap awal untuk LEVEL 1:

(1) PERSIPURA Jayapura; (2) AREMA Indonesia; (3) PERSIJA Jakarta; (4) Semen Padang; (5) Sriwijaya FC; (6) PERSISAM Samarinda; (7) PERSIB Bandung; (8) PERSIWA WAMENA; (9) PERSELA LAMONGAN; (10) PERSIBA Balikpapan; (11) PSPS Pekanbaru; (12) Pelita Jaya; (13) Deltras Sidoarjo; (14) PERSIJAP Jepara; (15) Bontang FC; (16) PERSEMA Malang;

(17) PERSIBO Bojonegoro; (18) PSM Makassar; (19) Mitra Kukar; (20) PERSIRAJA Banda Aceh; (21) PSMS Medan; (22) Pro Duta; (23) PERSIK Kediri; (24) PSIS Semarang; (25) PSCS Cilacap; (26) PERSIKOTA Tangerang; (27) PERSIS Solo; (28) PERSIBA Bantul; (29) PERSEBAYA Surabaya; (30) PS Barito Putera; (31) PSS Sleman; (32) PSIR Rembang; (33) PS Bengkulu; (34) PERSIPASI Bekasi.

Berikut 36 klub yg masuk level 2:

(1) PSAP Sigli; (2) PERSITA Tangerang; (3) PERSIH Tembilahan; (4) PERSITARA Jakarta Utara; (5) PERSIKABO Manado; (6) PSLS Lhoksumawe; (7) PSSB Bireun; (8) PERSIRES Rengat; (9) PERSIRAM Raja Ampat; (10) Gresik United; (11) PERSEMAN Manokwari; (12) PSIM Yogyakarta; (13) PERSIKAB Bandung; (14) Persemaira Tual; (15) PPSM Magelang; (16) PERSIDAFON Dafonsoro; (17) PSBI Blitar; (18) PERSIGO Gorontalo;

(19) PERSIKU Kudus; (20) PERSIPRO Probolinggo; (21) PERSERU Serui; (22) PSMP Mojokerto; (23) PSBS Biak; (24) PERSBUL Buol; (25) PERSEPAM Pamekasan; (26) PSBL Langsa; (27) PERSSIN Sinjai; (28) Madiun Putra; (29) PERSEWANGI Banyuwangi; (30) PERSIP Kota Pekalongan; (31) PSBK Blitar; (32) PSGL Gayo Lues; (33) KSB Sumbawa Barat; (34) )PERSITEMA Temanggung; (35) PERSID Jember; (36) PERSEPAR Palangkaraya.

Pengecualian utk Persema Malang, Persibo Bojonegoro & PSM Makassar yg telah ditinjau ulang & dibatalkan keputusan pemecatannya karena dianggap ketiga klub tsb belum pernah mengundurkan diri dari keanggotaan PSSI, sedangkan Persebaya 1927 (Liga Primer) telah merger dgn Persebaya Surabaya dan Semarang United (Liga Primer) telah merger dgn PSIS Semarang begitu juga beberapa klub lainnya.

Revolusi PSSI, Sabtu 27 Agustus 2011
LIGA PRIMA INDONESIA (LPI)

16 KLUB WILAYAH BARAT:

1. Persija
2. Semen Padang
3. Sriwijaya FC.
4. Persib Bandung
5. PSPS Pekanbaru
6. Pelita Jaya
7. Persijap Jepara.
8. Persiraja.
9. PSMS Medan.
10. Pro Duta FC.(MEDAN)
11. PSIS Semarang.
12. PSCS Cilacap
13. Persikota Tangerang.
14. Persis Solo.
15. PSS Sleman
16. PS Bengkulu
17. Persipasi

16 KLUB WILAYAH TIMUR:

1. Arema
2. Persipura
3. Persisam
4. Persiwa.
5. Persela.
6. Persiba Balikpapan
7. Deltras
8. Bontang FC.
9. Persema Malang.
10. Persibo Bojonegoro
11. PSM Makassar.
12. Mitra Kukar
13. Persiba bantul
14. Persebaya Surabaya
15. PS Barito Putra.
16. Persik Kediri
17. PSIR Rembang

**(SATU KLUB AKAN DIKELUARKAN DENGAN PENILAIAN STADION)
Gambaran secara umum pembenahan kompetisi

Secara umum AFC meminta beberapa syarat guna membentuk Liga Profesional:
1. Untuk pengelola liga diwajibkan memiliki laporan hasil audit, manual Liga dll.
2. Untuk kontestan liga diwajibkan memiliki laporan audit + 5 syarat (legal, finansial, manajemen, infrastruktur dan sporting).
...
Point pertama,
Dalam waktu yang sempit ini PSSI melakukan kerjasama dengan PT Liga Indonesia yang diketuai pak Joko Driyono (penyelenggara ISL). Darisinilah, PSSI meminta laporan pertanggungjawaban dan hasil audit, namun hingga saat ini laporannya BELUM diserahkan. Sehingga kerjasamanya DIALIHKAN ke PT lainnya yakni PT Liga Prima Indonesia.

Point kedua,
Untuk aspek non faktual verifikasi dilakukan ditubuh federasi dalam hal ini adalah PSSI. Adapun laporan auditnya dapat diganti dengan deposit sebagai jaminan kepada AFC bahwa klub benar2 profesional. Adapun bagi pemain & official, hal ini dapat sebagai jaminan apabila klub bangkrut sehingga kejadian penunggakan gaji dll tidak terjadi.

Setelah berkas-berkas diverifikasi, maka diperoleh 34 Klub dinyatakan lolos sebagai calon kontestan Liga Profesional ditahap verifikasi pertama. Kemudian Ke-34 klub tersebut akan melewati tahap verifikasi ke-2.

Verifikasi tahap ke-2 (aspek faktual) akan ditinjau dan dinilai langsung oleh AFC serta akan diumumkan secara RESMI pada tanggal 3 September. Adapun syarat yang dipakai dalam penilaian adalah syarat ACL (Asia Champion League)*.

Namun jika ini diterapkan, maka TIDAK ADA klub yang lolos kalaupun diupayakan lebih lanjut hanya akan ada 8 klub. Dilain sisi, kontestan sebanyak 8 klub ini tidak ideal (sesuai standar).

Sehingga, berdasarkan pertimbangan tersebut, komite kompetisi PSSI memutuskan membagi kompetisi profesional kedalam dua strata, yaitu
Kompetisi liga profesional level I yang akan dibagi dalam dua grup, dengan masing2 grup berisi 16 klub, sehingga totalnya ada 32 klub.

Pertimbangan lainnya, ini dikarenakan kondisi finansial klub yang BELUM mampu untuk melakukan kompetisi satu wilayah PASCA pelarangan penggunaan APBD. Namun pada kompetisi tahun ke-3, PSSI akan menggabungkan kembali kedalam satu wilayah.

Hingga saat ini lobi sedang dilakukan agar kuota/jatah wakil Indonesia di kancah Liga Champion Asia tahun depan tidak dicabut. Kita berharap semoga AFC masih mau memberi tenggang waktu** agar infrastruktur klub bisa segera dibenahi.


*Lihat di catatan
**tenggang waktu telah diberikan kepada
Arema, Persija dan Persebaya untuk menyelesaikan masalah internal.
Persipura & SP tentang status PT

Dan setelah melalui proses yang melelahkan, rencananya akan diikuti oleh 24 Klub mulai bulan Oktober 2011 dengan catatan banyaknya klub yang masih bermasalah baik dualisme kepemilikan klub maupun upaya memasukkan klub yang kurang mempunyai hak untuk tampil di Liganya PSSI Djohar Arifin.

No comments: