Blogger Widgets TAMAMI JAYA: Gamparan dan serkelan PENCAK SILAT
SELAMAT DATANG Di Web tamamijaya.blogspot.com Jalan DR.Wahidin 76 Dema'an Jepara

Wednesday 19 October 2011

Gamparan dan serkelan PENCAK SILAT

1. Teknik serangan menjatuhkan lawan dengan gamparan dan serkelan.

Gamparan adalah serangan bawah menggunakan kaki kanan maupun kiri dengan melakukan kuda-kuda bawah, serangan dilakukan dengan cara mengayunkan kaki kanan atau kiri memutar ke depan yang bertujuan untuk menjatuhkan lawan.

Serkelan Adalah serangan bawah menggunakan kaki yang di lakukan dengan cara memutar/mengayunkan kaki kanan/kiri ke belakang bawah, sasaranya adalah kaki lawan yang bertujuan untuk menjatuhkan lawan. ketika kuda-kuda kaki lawan tidak sempurna maka dengan mudah lawan untuk di jatuhkan.

Analisa Pada serangan gamparan dapat di lakukan dengan mengandalkan kecepatan dan kelincahan karena lawan saling berhadapan, sedang serangan serkelan dapat dilakukan dengan sempurna apabila pesilat mempunyai kekuatan yang bagus, karena setelah menyerang dari bawah harus segera berdiri untuk melakukan gerakan berikutnya.

Gerakan yang sulit bagi saya adalah melakukan serangan serkelan karena tanpa memiliki kelincahan dan kekuatan yang bagus maka akan membahayakan diri sendiri.

2. Teknik menjatuhkan tidak langsung yaitu melalui gerakan menangkap/ tangkapan  dan menganalisa gerakan mana yang paling susah.

Menangkap adalah gerakan yang melibatkan penghentian momentum gerakan lawan dan menambahkan kontrol terhadap lawan tersebut dengan menggunakan satu tangan atau dua tangan. Tergantung kepada kecepatan, arah, dan jenis serta besarnya gerakan lawan. dalam gerakan menangkap ini diperlukan koordinasi untuk membuat posisi tubuh yang tepat dalam menyerap dan menyalurkan energi yang dibawa lawan yang bersangkutan. Pada gerakan menjatuhkan lawan bisa dengan cara di plintir maupun dengan cara meneruskan gerakan lawan sehingga lawan bisa jatuh.

Unsur tangkapan meliputi sikap kuda-kuda dan sikap tubuh.
      Tangkapan satu lengan terdiri dari :
a.       Tangkapan dengan tangan
b.      Tangkapan dengan lengan
c.       Tangkapan dengan ketiak/ ,empit.

Analisa dalam melakukan menjatuhkan lawan dengan tangkapan harus mempunyai kekuatan dan kelincahan untuk gerakan tangan sehingga deapat menjatuhkan lawan. Gerakan yang susah adalah ketika melakukan tangkapan tetapi saya tidak memiliki kekuatan yang mendukung gerakan ini maka serangan akan berbalik pada diri kita.


No comments: